You are currently viewing Cari Tahu Yuk! Inilah Perbedaan Ruby dan Sapphire
Perbedaan Ruby dan Sapphire

Cari Tahu Yuk! Inilah Perbedaan Ruby dan Sapphire

Ruby dan Sapphire adalah dua jenis batu permata yang populer dan sering digunakan dalam perhiasan. Keduanya memiliki keindahan yang menakjubkan dan nilai jual yang tinggi dalam dunia permata. Lalu apa sebenarnya perbedaan Ruby dan Sapphire ini?

Agar tidak penasaran, maka dalam artikel ini akan kami bahas perbedaan Ruby dan Sapphire. Supaya nantinya Anda tidak bingung dalam memutuskan akan membeli perhiasan yang terbuat dari Ruby atau Sapphire.

Perbedaan Ruby dan Sapphire dari Berbagai Aspek

Berikut adalah beberapa perbedaan Ruby dan Sapphire jika dilihat dari berbagai aspek. Beberapa perbedaan tersebut diantaranya:

1. Warna Merah yang Intens dalam Ruby

Ruby adalah varietas korundum yang memiliki warna merah yang khas. Warna merah dalam Ruby disebabkan oleh adanya unsur kromium yang tercampur dalam struktur kristalnya. Semakin intens warna merah pada Ruby, semakin berharganya batu permata tersebut. 

Ruby merah yang dalam dan jernih sangat dihargai dan menjadi salah satu batu permata yang paling mahal di dunia, sebab batu permata jenis ini sangat sulit ditemukan.

2. Berbagai Warna dalam Sapphire

Sapphire memiliki berbagai variasi warna tergantung pada kehadiran unsur dan elemen lain yang tercampur dalam korundum. Warna biru adalah yang paling umum dan populer dalam Sapphire, dan sering kali dianggap sebagai warna klasik untuk batu permata ini. 

Namun, Sapphire juga dapat ditemukan dalam warna-warna lain seperti kuning, hijau, pink, orange, dan ungu. Variasi warna ini memberikan fleksibilitas bagi mereka yang mencari batu permata dengan karakteristik unik.

3. Nilai dan Harga

Ruby merah yang dalam dan jernih adalah salah satu batu permata yang paling mahal di dunia, terutama jika memiliki ukuran besar dan kualitas sempurna. Harga Ruby sangat dipengaruhi oleh warna, kejernihan, dan karat. Disisi lain sapphire memiliki rentang harga yang lebih luas tergantung pada warna, kejernihan, ukuran, dan sifat-sifat kualitas lainnya. 

Baca juga:  Cincin Blue Sapphire: Simbol Keabadian Dalam Pernikahan Anda

Disisi lain Sapphire biru yang dalam dan jernih juga memiliki harga yang tinggi, tetapi Sapphire dengan warna lain atau kejernihan yang lebih rendah biasanya lebih terjangkau.

4. Asal Usul dan Mitos

Perbedaan Ruby dan Sapphire selanjutnya, terletak pada asal usul dan mitos yang berbeda. Ruby diyakini melambangkan kekuatan dan keberanian, dan dalam banyak budaya dianggap sebagai batu permata paling berharga. 

Sapphire, di sisi lain, dikaitkan dengan kebijaksanaan, kesetiaan, dan spiritualitas. Batu permata ini juga diyakini membawa keberuntungan dan melindungi pemakainya dari bahaya.

5. Penggunaan dalam Perhiasan

Baik Ruby maupun Sapphire digunakan dalam pembuatan perhiasan yang indah. Ruby seringkali dijadikan pusat perhatian dalam cincin tunangan atau cincin pernikahan, sedangkan Sapphire sering digunakan sebagai batu utama dalam cincin, kalung, gelang, atau anting-anting. Kedua batu permata ini memberikan sentuhan elegan dan kemewahan pada perhiasan

Dari beberapa perbedaan ruby dan sapphire tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, Ruby dan Sapphire adalah dua batu permata yang indah dan bernilai tinggi. Meskipun keduanya terbuat dari mineral korundum, perbedaan utama antara keduanya terletak pada warna dan karakteristik harga yang berbeda. 

Baik Ruby maupun Sapphire memiliki keindahan dan pesona uniknya sendiri, dan pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi pribadi dan keinginan pemiliknya. Namun, jika Anda tertarik untuk memiliki perhiasan Ruby dan Blue Sapphire berkualitas tinggi maka bisa mendapatkannya melalui situs Kimfook.com atau Anda bisa kunjungi Instagram kami di @kimfook.id.

Anda Sedang Mencari Cincin Nikah? Segera Konsultasi dengan kami di WA: 0811270055

Leave a Reply