You are currently viewing Berikut Perbandingan Berlian dan Blue Sapphire Yang Harus Kamu Ketahui
Berlian dan Blue Sapphire

Berikut Perbandingan Berlian dan Blue Sapphire Yang Harus Kamu Ketahui

Berlian dan blue sapphire adalah dua jenis permata berharga yang banyak disukai oleh orang-orang di seluruh dunia. Keduanya memiliki pesona dan kilauan yang indah, meskipun begitu keduanya juga memiliki karakteristik unik yang membedakan satu sama lain.

Lalu apa sebenarnya perbedaan dua batu permata ini? Untuk mengetahuinya, kami akan mengulas perbandingan berlian dan blue sapphire dari berbagai aspek, agar membantu Anda memahami perbedaan dan keunikan dari kedua permata ini.

Perbandingan Berlian dan Blue Sapphire

Seperti janji kami diatas, berikut akan kami berikan penjelasan beberapa perbandingan berlian dan blue sapphire jika ditinjau dari berbagai aspek.

1. Asal Usul dan Pembentukan

Berlian: Berlian adalah permata yang terbentuk di bawah tekanan dan panas yang sangat tinggi di dalam lapisan bumi. Kristal karbon yang mengkristal ini kemudian diproses menjadi berlian oleh proses alam selama jutaan tahun. Berlian juga ditemukan di berbagai wilayah di seluruh dunia, termasuk Afrika, Rusia, Kanada, dan Australia.

Blue Sapphire: Blue sapphire adalah jenis batu mulia yang terbentuk dari mineral korundum, yang merupakan varian dari aluminium oksida. Warna biru sapphire disebabkan oleh kandungan unsur trace besi dan titanium selama pembentukan. Sapphire juga ditemukan di berbagai lokasi, termasuk Sri Lanka, Burma, Thailand, dan Australia.

2. Warna dan Variasi

Berlian: Berlian umumnya dikenal dengan warna putih atau bening. Warna ini tergantung pada kejernihan dan kualitas berlian tersebut. Namun, berlian juga dapat mengandung inklusi yang memberikan warna, seperti berlian berwarna biru (blue diamond) atau berlian berwarna kuning (yellow diamond). Tetapi, berlian berwarna ini tergolong langka dan mahal.

Blue Sapphire: Seperti namanya, blue sapphire memiliki warna biru yang intens dan memukau. Blue sapphire seringkali ditemukan dalam berbagai nuansa biru, mulai dari biru muda hingga biru tua. Royal blue sapphire adalah yang paling dihargai karena warnanya yang dalam dan murni.

Baca juga:  Mengapa Cincin Berlian Asli Memiliki Harga Tinggi?

3. Kekerasan dan Ketahanan Antara Berlian dan Blue Sapphire

Berlian: Berlian adalah salah satu bahan paling keras di alam semesta, dengan nilai 10 pada skala kekerasan Mohs. Ini membuatnya sangat tahan terhadap goresan dan kerusakan sehari-hari. Ini adalah alasan mengapa berlian sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari dalam perhiasan seperti cincin pertunangan.

Blue Sapphire: Blue sapphire juga cukup keras, dengan nilai 9 pada skala kekerasan Mohs. Meskipun kuat, blue sapphire cenderung lebih rentan terhadap goresan daripada berlian. Oleh karena itu, perhiasan blue sapphire harus dirawat dengan hati-hati untuk menjaga kilau dan keindahannya.

4. Nilai dan Harga

Berlian: Harga berlian sangat dipengaruhi oleh faktor “Four Cs” – Cut (Potongan), Color (Warna), Clarity (Kejernihan), dan Carat Weight (Bobot Karat). Berlian yang lebih besar, lebih jernih, dan memiliki warna yang lebih langka biasanya lebih mahal. Berlian dengan cut yang baik juga cenderung lebih berharga karena menghasilkan kilauan yang optimal.

Blue Sapphire: Harga blue sapphire juga sangat dipengaruhi oleh warna, kualitas, dan ukuran. Blue sapphire dengan warna biru yang dalam dan murni akan lebih mahal daripada yang memiliki warna yang lebih pudar. Blue sapphire yang tidak memiliki inklusi atau cetakan juga lebih berharga. Selain itu, ukuran blue sapphire juga berdampak besar pada harga.

5. Simbolisme dan Penggunaan Tradisional

Berlian: Berlian seringkali dianggap sebagai simbol keabadian, cinta yang abadi, dan kekuatan. Ini adalah alasan utama mengapa berlian sering digunakan dalam cincin pertunangan. Berlian juga digunakan dalam perhiasan untuk merayakan momen-momen istimewa.

Blue Sapphire: Blue sapphire adalah simbol kebijaksanaan, kebijakan, dan ketenangan. Ini telah digunakan selama berabad-abad untuk menghadirkan keberuntungan, perlindungan, dan kedamaian. Beberapa kerajaan bahkan memiliki blue sapphire sebagai bagian dari mahkota dan perhiasan berharga mereka.

Baca juga:  Apa Saja Kesalahan Saat beli Perhiasan Berlian?

Jadi pada kesimpulannya, meskipun berlian dan blue sapphire sama-sama memiliki keindahan dan daya tarik, namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda yang membuatnya unik. Jika saat ini Anda berencana membeli perhiasan berlian dan blue sapphire berkualitas tinggi. Maka kami menyarankan Anda untuk membelinya melalui situs https://kimfook.com/ atau Anda bisa kunjungi Instagram kami di @kimfook.id

Anda Sedang Mencari Cincin Nikah? Segera Konsultasi dengan kami di WA: 0811270055

Leave a Reply