You are currently viewing Mengenal Tingkatan Warna Berlian yang Wajib Anda Pahami
Mengenal Tingkatan Warna Berlian

Mengenal Tingkatan Warna Berlian yang Wajib Anda Pahami

Berlian adalah salah satu batu permata yang paling dicari karena keindahan dan kemewahannya. Salah satu faktor penting yang menentukan nilai dan kualitas batu mulia ini adalah warnanya. Untuk itu, dalam artikel ini akan kami ajak Anda untuk mengenal tingkatan warna berlian. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Mengenal tingkatan warna berlian ini sangat penting. Sebab hanya dengan mengetahui warnanya saja, kita dapat menentukan kualitas berlian tersebut. Penasaran dengan tingkatan batu mulia paling keras dibumi ini? Yuk kita bahas!

Mengenal Tingkatan Warna Berlian

Ada beberapa tingkatan yang perlu Anda pahami mengenai batu mulia ini. Berikut akan kami ajak Anda untuk mengenal tingkatan warna berlian agar dapat menentukan kualitasnya:

1. D-F Tanpa Warna (Colorless)

  • D: Tingkatan D adalah berlian yang paling murni dan tanpa warna. Batu mulia ini adalah kategori tertinggi dan paling langka. Berlian D tidak memiliki warna sama sekali, bahkan ketika dilihat di bawah pembesaran.
  • E: Hampir sama dengan D, berlian E sangat murni dan tidak berwarna, sulit membedakan antara keduanya, kecuali oleh ahli gemologi.
  • F: Berlian F juga termasuk dalam kategori tanpa warna. Sedikit perbedaan warna bisa terdeteksi oleh gemologis, tetapi tetap tidak terlihat oleh mata biasa.

2. G-J  Hampir Tanpa Warna (Near Colorless)

  • G: Berlian G memiliki sedikit warna, tetapi tetap tampak tidak berwarna kecuali dibandingkan dengan berlian dari kategori D-F.
  • H: Berlian H menunjukkan sedikit lebih banyak warna, tetapi tetap sulit untuk dideteksi oleh mata orang awam.
  • I: Berlian I memiliki sedikit warna yang terlihat, tetapi tetap dianggap hampir tanpa warna.
  • J: Berlian jenis ini memiliki sedikit warna yang lebih terlihat, tetapi tetap menawarkan nilai estetika yang baik dan masih dianggap hampir tanpa warna.
Baca juga:  Mengenal Diamond Clarity, Ini Hal Yang Wajib Diketahui

3. K-M Warna Sangat Ringan (Faint Color)

Berlian kisaran K-M memiliki warna kuning atau coklat yang ringan dan dapat terlihat tanpa bantuan pembesaran. Namun berlian jenis ini masih bisa memberikan tampilan yang menarik terutama ketika dipasang pada perhiasan yang sesuai.

4. N-R Warna Ringan (Very Light Color)

Berlian dalam kategori ini memiliki warna kuning atau coklat yang lebih jelas. Warnanya lebih mudah terlihat oleh mata tanpa perlu pembesaran.

5. S-Z Warna Jelas (Light Color)

Berlian dalam rentang ini memiliki warna yang jelas terlihat, yaitu kuning atau coklat. Berlian dengan tingkat warna ini biasanya kurang diminati dibandingkan dengan tingkatan warna yang lebih tinggi.

Mengapa Warna Berlian Penting?

Anda pasti sudah mengenal tingkatan warna berlian. Warna berlian mempengaruhi penampilan dan nilainya. Berlian tanpa warna akan memudahkan cahaya untuk melewati dan memantul lebih efisien, sehingga menghasilkan kilau dan cahaya yang lebih mempesona. 

Sebaliknya, warna yang lebih jelas pada berlian bisa mengurangi kemampuan berlian untuk memancarkan kilau, sehingga mengurangi nilai estetika dan juga harganya jualnya. Jadi jika Anda menginginkan perhiasan yang berkualitas, maka pilihlah berlian tanpa warna dari golongan D-F. Namun sebaliknya jika Anda menginginkan perhiasan lebih terjangkau, pilihlah dari golongan K-M atau Z.

Rekomendasi Tempat Jual Perhiasan Berlian Asli Berkualitas

Sebelumnya sudah kami ajak Anda untuk mengenal tingkatan warna berlian. Agar Anda tidak salah pilih ketika ingin membeli berlian, maka kami merekomendasikan Anda untuk membeli dari Kimfook. Untuk informasi mengenai model, harga, karat dan lain sebagainya. Anda bisa mengunjungi website resminya melalui alamat situs www.kimfook.com. Untuk melihat perhiasan secara langsung kunjungi kami di alam sutera brooklyn office tower 9th fl

Anda Sedang Mencari Cincin Nikah? Segera Konsultasi dengan kami di WA: 0811270055

Leave a Reply