You are currently viewing Cincin Kawin Lebih Baik Dipasang Di Tangan Kanan Atau Kiri?
Cincin Kawin

Cincin Kawin Lebih Baik Dipasang Di Tangan Kanan Atau Kiri?

Cincin kawin merupakan bukti bahwa kedua pasangan sudah terjalin hubungan serius dan harus saling setia. Untuk mengetahui itu, cincin tersebut umumnya dipakai di tangan baik yang kiri atau kanan. 

Pemasangan cincin kawin di tangan kanan atau kiri sebenarnya bukan sekedar dipasang tetapi ada makna mendalam. Hal-hal seperti ini perlu dipahami bagi pasangan yang baru atau akan menikah di beberapa waktu mendatang. 

Selain itu, setiap pasangan harus lebih cermat dalam memilih cincin agar tidak menyesal di kemudian hari. Disarankan cincin yang dipakai nantinya berbahan emas 18 karat agar tidak mudah tergores dan bisa untuk jangka panjang

Arti Cincin Kawin di Tangan Kanan

Penggunaan cincin pernikahan ini sebenarnya hanya sekedar budaya khususnya di negara-negara Asia. di Indonesia, cincin umumnya dipakai di tangan kiri tepatnya jari manis ketika pertunangan. Namun, cincin itu berpindah ke jari kanan ketika keduanya melangsungkan pernikahan.  

Selain Indonesia, India pun juga demikian dimana cincin di tangan kanan sebagai wujud bahwa kedua pasangan sudah menikah. Budaya itu lalu berkembang dan kini hampir semua negara mengadopsi penggunaan cincin nikah di tangan kanan.

Namun, sebagian negara seperti Kolombia, Yunani, Rusia masih tetap di tangan kini. Di negara tersebut justru sebaliknya, ketika pertunangan di jari manis sebelah kanan dan saat pernikahan berpindah ke jari manis sebelah kiri. 

Arti Cincin di Tangan Kiri

Untuk cincin nikah yang dipakai di tangan kiri termasuk suatu budaya yang terbilang baru. Penggunaan cincin itu baru ada di awal abad ke-18, sedangkan penggunaan cincin nikah di tangan kanan sudah ada sejak zaman sebelum abad itu. 

Terlepas dari itu semua, sebenarnya proses perpindahan cincin dari tangan kanan ke kiri atau sebaliknya itu memiliki makna tertentu. Proses perpindahan itu sebagai bentuk rasa hormat istri kepada suami. Jika awalnya hanya seperti teman maka harus diubah dimana istri harus memiliki rasa hormat kepada suami. 

Baca juga:  Jual Cincin Wedding Berlian Asli, Berkualitas dan Termurah

Seberapa Penting Memilih Cincin Pernikahan?

Setelah mengetahui makna dari cincin pernikahan di tangan kanan atau kiri maka kini perlu dipahami terkait sepenting apakah pemakaian cincin. Untuk pengetahuan lebih lanjut, berikut ulasan selengkapnya:

Simbol Ikatan Cinta

Cincin pernikahan ini sangat penting dan harus lebih selektif pada saat memilihnya. Cincin itu merupakan simbol ikatan cincin cinta yang akan dikenakan sepanjang masa sehingga harus memilih yang terbaik. 

Mengenang Momen Indah

Selain simbol cinta, cincin pernikahan juga menjadi momen sejarah bagi kedua pasangan. Dengan melihat cincin itu maka keduanya bisa mengingat momen-momen indah di masa lalu. 

Percaya atau tidak, mengingat kenangan seperti ini bisa membuat hormon serotonin akan meningkat. Jika hormon ini naik maka akan membuat suasana hati menjadi senang dan perasaan positif kepada pasangan akan meningkat. 

Dengan cara ini maka cincin ini bisa menjadi perantara menjaga keharmonisan di antara kedua pasangan. Selain itu, cincin ini bisa menjadi pengingat untuk tidak bertindak sesuka hati ketika saling berjauhan. 

Jadi cincin kawin bisa dipakai di tangan kanan atau kiri oleh kedua pasangan baik pria atau wanita. Terlepas itu, kedua pasangan harus bisa memilih cincin terbaik karena ini dipakai untuk jangka panjang.

Jika keinginannya demikian maka kamu perlu membeli cincin tersebut di www.kimfook.com atau Anda bisa kunjungi Instagram kami di @kimfook.id. Kamu bisa memilih beragam cincin emas terbaik di situs tersebut. Semua cincin di Kimfook berbahan dasar emas 18 karat dan komposisinya mencapai 75%. 

Anda Sedang Mencari Cincin Nikah? Segera Konsultasi dengan kami di WA: 0811270055

Leave a Reply