You are currently viewing Berikut Perbandingan Cincin Emas Vs Cincin Perak, Mana Yang Terbaik?
Cincin Emas Vs Cincin Perak

Berikut Perbandingan Cincin Emas Vs Cincin Perak, Mana Yang Terbaik?

Cincin emas putih dan cincin perak memiliki kesamaan dari sisi warnanya. Meski sama, kedua logam ini memiliki beberapa perbedaan yang harus dipahami oleh para pecinta perhiasan. 

Untuk itu, perlu adanya perbandingan antara cincin emas vs cincin perak agar tidak salah memilih. Proses ini diperlukan karena kedua cincin ini memiliki perbedaan dari sisi harga yang cukup signifikan. 

Selain itu, ada juga beberapa perbedaan lain antara cincin yang dibuat dari emas atau perak. Secara umum, kedua logam ini layak dijadikan investasi masa depan karena prospek harganya yang terus naik setiap waktunya. 

Perbandingan Cincin Emas Vs Cincin Perak

Ada sejumlah perbedaan antara cincin emas vs cincin perak, berikut ulasan selengkapnya:

Harga

Hal yang paling terlihat jelas dari kedua logam tersebut ada pada harga beli atau jualnya. Selama ini, cincin yang terbuat dari perak memiliki harga yang lebih rendah daripada cincin emas

Perbedaan harga ini karena kandungan emas murni yang ada pada cincin itu harganya semakin melambung tinggi. Bahkan, nilai emas dari tahun ke tahun semakin mengalami kenaikan. 

Meski harganya yang mahal, tidak semua jenis emas bisa dijadikan perhiasan. Emas terbaik yang bisa dijadikan perhiasan adalah yang kandungannya 18 karat dengan komposisi sekitar 75%.

Ketahanan

Perak ataupun emas kerap dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat perhiasan. Meski demikian, kedua logam itu tetap memiliki perbedaan khususnya dari segi ketahanan. 

Selama ini, emas dikenal memiliki ketahanan yang lebih tinggi daripada perhiasan dari perak. Sebab, perhiasan perak ini hasil campuran antara emas dan beberapa logam lain seperti nickel dan yang lainnya. 

Karena perbedaan itu maka tidak heran jika emas dinilai sebagai investasi yang nilainya sangat tinggi. Maka dari itu, kamu perlu melakukan perawatan yang lebih agar nilai emasnya tetap terjaga dengan baik. 

Baca juga:  Model Cincin Tunangan Emas Putih Elegan

Tanda Perhiasan

Untuk mengetahui logam tersebut dari emas atau perak bisa dilihat dari tanda yang ada pada perhiasan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa tanda atau kode yang perlu kamu ketahui:

  • Angka ‘999’ : Tanda itu digunakan untuk perhiasan dengan kadar perak murni. 
  • Angka ‘225’ : Jenis perhiasan ini menandakan bahwa kadar logam peraknya sekitar 92,5% dan ada campuran tembaganya. 
  • Angka ‘700’ : Tanda ini digunakan untuk perhiasan dengan kadar emas yang persentase kemurniannya mencapai angka 70. 
  • Angka ‘750’ : Kode itu merupakan jenis perhiasan yang bahannya dari emas murni 18 karat dengan kandungannya hingga 75%. 

Bentuk Logam

Beberapa perbedaan lain antara cincin emas vs cincin perak bisa dilihat dari bentuk logamnya. Secara umum, perhiasan dengan kandungan emas memiliki tingkat pembentukan yang lebih sulit daripada perak. 

Dikatakan demikian karena perak ini dasarnya tidak begitu solid seperti emas. Sehingga, perak akan mudah bengkok atau berubah bentuknya ketika terkena tekanan. 

Daya Pantul

Daya pantul juga menjadi perbedaan antara cincin emas vs cincin perak. Bila diperhatikan, cahaya yang keluar dari emas dinilai lebih berkilau daripada perak. Daya pantul ini akan semakin jelas ketika keduanya sama-sama dihadapkan di sinar matahari langsung. 

Jadi perbedaan antara cincin emas vs cincin perak bisa terlihat dimana emas punya nilai yang lebih tinggi. Sehingga, kamu yang mau memiliki emas dengan kandungan 18 karat dan komposisinya 75% maka bisa order di www.kimfook.com atau Anda bisa kunjungi Instagram kami di @kimfook.id. Situs ini sudah terpercaya, harganya terjangkau dan kualitasnya terjamin bagus. 

Anda Sedang Mencari Cincin Nikah? Segera Konsultasi dengan kami di WA: 0811270055

Leave a Reply