You are currently viewing Berapa Kadar Karat Ideal Cincin NIkah Emas?
Karat Ideal Cincin NIkah Emas

Berapa Kadar Karat Ideal Cincin NIkah Emas?

Kadar karat ideal cincin nikah emas perlu dipahami khususnya bagi mereka yang akan melangsungkan pernikahan. Semakin tinggi kadar karatnya semakin bagus perhiasannya. Salah satu keunggulan dari kadar emas yang tinggi diantaranya tidak mudah luntur dan tahan dalam waktu lama. 

Namun, kadar ini perlu diketahui agar kamu tahu berapa minimal kadar emas yang ada pada cincin. Dengan seperti ini, maka kamu bisa lebih selektif dalam memilih cincin emas yang akan diberikan kepada pasangan. 

Selain itu, kamu juga bisa memahami teknik dalam menghitung kadar cincin emas. Dengan seperti itu, kamu cukup tahu komposisi bahan pada emas dan beberapa ketentuan lain sebelum proses perhitungan. 

Berapakah Kadar Karat Ideal Cincin Nikah Emas yang Terbaik?

Untuk ukuran kadar karat ideal cincin nikah emas yang akan digunakan pada cincin pernikahan sebenarnya tidak ada aturan baku. Acuannya hanya pada seberapa suka pasangan pada cincin yang akan digunakannya nanti. 

Meski demikian, menentukan kadar karat ideal cincin nikah emas sangat penting karena kaitannya pada jangka waktu pemakaian pada perhiasan tersebut. Menurut pada pakar, kadar karat ideal cincin nikah emas yang direkomendasikan memiliki komposisi 75% dan kadarnya mencapai 18 karat. 

Sedangkan untuk 25% bisa menggunakan campuran lain demi memperkuat kandungan utama pada cincin. Dengan semua komposisi tersebut, cincin emas yang dikenakan dari sisi harganya lebih mahal. Sebab, cincin tersebut akan tahan banting dan dari sisi bentuknya tidak mudah berubah. 

Cara Menghitung Kadar Emas 

Dari kadar minimal atau yang direkomendasikan, kamu juga perlu memahami cara menghitung kadar emas. Umumnya, kadar ini tidak tertulis dan yang ada di toko emas hanya cap pada perhiasan. Beberapa cap yang kerap ada pada cincin mulai dari 375, 700 hingga 750. 

Baca juga:  Wedding Ring: Jual Cincin Nikah Terbaik 2024

Misalnya cincin emas 700, cara menghitung kadar emasnya adalah 700/100 x 24 = 16,8 karat atau jika dibulatkan menjadi 17 karat. Jika merujuk pada ketentuan di atas maka kamu bisa memilih cincin dengan cap perhiasan minimal 750. 

Sedangkan untuk emas yang paling kecil adalah 375 atau setara 9 karat. Jenis perhiasan ini tergolong emas muda dan harganya relatif lebih murah. Sedangkan untuk yang 700 ke atas rata-rata harganya bisa mencapai belasan juta rupiah. 

Pilih Emas Kuning atau Emas Putih untuk Cincin Nikah?

Berbagai anggapan muncul di masyarakat dimana ada yang mengatakan jika emas putih lebih bagus dari emas kuning. Namun, beberapa orang ada juga yang beranggapan jika emas kuning lebih baik dari emas putih. Terkait anggapan itu perlu diluruskan dan perlu diketahui bahwa emas kuning dan putih sama-sama bahan logam campuran di dalamnya. 

Misalnya emas kuning, bahan dasar atau logamnya lebih banyak menggunakan seng dan tembaga. Sedangkan emas putih, bahan dasarnya dari platinum,nikel, timah, perak dan beberapa bahan berkualitas lainnya. 

Dengan demikian, antara emas kuning atau emas putih sebenarnya sama saja. Kamu hanya perlu melihat seberapa tinggi kadar karat yang ada pada cincin nikah yang akan dibeli nantinya. 

Dengan ketentuan di atas, pada intinya kadar karat ideal cincin nikah emas setidaknya 18 karat. Selain itu, komposisi emas yang ada di dalamnya setidaknya ada 75%.

Daripada kamu harus mencari-cari toko emas dengan kadar tersebut maka langsung saja order di www.kimfook.com. Situs ini menyediakan berbagai cincin pernikahan dengan kualitas terbaik. Kamu bisa memilih ratusan model cincin yang terbaik dengan harga cukup terjangkau. 

Untuk melihat perhiasan secara langsung kunjungi kami di alam sutera brooklyn office tower 9th fl. Pilihan pada toko ini karena berlian dan emasnya asli berkualitas. Selain itu, dari sisi harganya cukup kompetitif daripada store lainnya.

Anda Sedang Mencari Cincin Nikah? Segera Konsultasi dengan kami di WA: 0811270055

Leave a Reply