You are currently viewing Apa Perbedaan Karat Berlian Dengan Karat Emas?
Karat Berlian

Apa Perbedaan Karat Berlian Dengan Karat Emas?

Berlian dan emas adalah dua bahan berharga yang sering dijadikan perhiasan, tetapi sering kali terjadi kebingungan antara konsep “karat” ketika berbicara tentang karat berlian dan juga karat emas. 

Meskipun kedua bahan perhiasan ini memiliki istilah yang sama, yaitu “karat,” sebenarnya artinya berbeda. Untuk itu dalam artikel ini, kami akan mengungkap perbedaan mendasar antara karat berlian dan karat emas, serta mengapa istilah ini sangat penting dalam memahami nilai dan kualitas keduanya.

Perbedaan Karat Berlian dan Karat Emas

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, ada perbedaan mendasar tentang karat yang dimiliki berlian dan juga emas. Berikut perbedaan tersebut:

Karat Emas: Kualitas Logam Mulia

Karat emas mengacu pada kemurnian logam mulia berbahan emas. Satu karat emas setara dengan 1/24 bagian dari emas murni. Jadi, jika Anda memiliki perhiasan emas 24 karat, itu berarti perhiasan tersebut terbuat dari emas murni 100%. Namun, emas murni sangat lunak dan cenderung mudah rusak dalam penggunaan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam praktiknya, emas murni sering kali dicampur dengan logam lain, seperti perak, tembaga, atau nikel, untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan. Berikut adalah beberapa standar karat emas yang umum digunakan:

1. Emas 24 Karat (24K)

Ini adalah emas murni tanpa campuran logam lain. Karena kelembutan emas murni, perhiasan 24K umumnya digunakan untuk perhiasan yang kurang sering dipakai, seperti koin emas atau perhiasan yang memiliki nilai lebih sebagai investasi daripada sebagai perhiasan sehari-hari.

2. Emas 18 Karat (18K)

Emas 18K terdiri dari 18 bagian emas murni dan 6 bagian logam lain. Ini adalah campuran yang umum digunakan untuk perhiasan seperti cincin kawin dan perhiasan lainnya yang sering dikenakan, karena memiliki kekuatan yang baik dan tetap memiliki warna kuning emas yang khas.

Baca juga:  Jual Cincin Berlian Pria Asli dan Maskulin

3. Emas 14 Karat (14K)

Emas 14K adalah campuran 14 bagian emas murni dan 10 bagian logam lain. Ini juga umum digunakan untuk perhiasan sehari-hari dan seringkali lebih terjangkau daripada emas 18K.

4. Emas 10 Karat (10K)

Emas 10K adalah campuran 10 bagian emas murni dan 14 bagian logam lain. Ini adalah campuran yang paling kuat dari semua karat emas, tetapi memiliki kadar emas yang lebih rendah, sehingga kurang berharga dari segi harga per gram.

Karat Berlian: Bobot Permata Berharga

Di sisi lain, karat berlian mengukur berat atau ukuran fisik dari berlian, bukan kemurnian atau kualitasnya. Satu karat berlian sama dengan  200 miligram atau 0,2 gram. Jadi, semakin besar angka karatnya, semakin besar dan berat berliannya.

Perbedaan dalam karat berlian biasanya mencerminkan perbedaan dalam ukuran dan massa berlian, bukan kualitas atau kejernihan. Misalnya, satu berlian 2 karat akan lebih besar daripada satu berlian 1 karat, tetapi kualitas berliannya tidak dapat diukur hanya dari karatnya. Kualitas berlian biasanya diukur dengan “Four Cs,” yaitu Cut (Potongan), Color (Warna), Clarity (Kejernihan), dan Carat. Weight (Bobot Karat).

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa, karat emas mengukur kemurnian logam emas, sementara karat berlian mengukur bobot atau ukuran berlian. Oleh karena itu, saat memilih perhiasan emas, Anda harus memperhatikan karat emas untuk mengetahui kemurniannya. Sementara itu, ketika Anda membeli berlian, perhatikan aspek-aspek seperti cut, color, clarity, dan carat weight untuk menilai kualitasnya.

Jika Anda mencari tempat yang menjual perhiasan berbahan berlian asli dan juga emas 24 karat. Maka, Anda bisa mengunjungi KIMFOOK JEWELRY, untuk informasi alamat dan katalog beserta harga perhiasan yang dijual di sana bisa mengunjungi situs webnya di https://www.kimfook.com/. Untuk melihat perhiasan secara langsung kunjungi kami di alam sutera brooklyn office tower 9th fl.

Anda Sedang Mencari Cincin Nikah? Segera Konsultasi dengan kami di WA: 0811270055

Leave a Reply