You are currently viewing Apa Itu Mahar Pernikahan? Wajib Kamu Tahu!
Apa Itu Mahar Pernikahan

Apa Itu Mahar Pernikahan? Wajib Kamu Tahu!

Bagi orang yang masih awam banyak juga yang bertanya tanya terkait apa itu mahar pernikahan. Secara umum, mahar adalah salah satu rukun yang pada saat seseorang menikah. Dengan demikian, pernikahan yang tanpa disertai dengan mahar maka tidak sah. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa itu mahar dan beberapa informasi lain terkait hal tersebut. 

Beberapa Hal terkait Apa itu Mahar Pernikahan

Apa Itu Mahar Pernikahan? Mahar merupakan aturan yang ada di agama dan bersifat mengikat dan hukumnya wajib. Selain itu, mahar juga memiliki beberapa ketentuan atau hal lain dan berikut ulasannya:

Istri Punya Hak Penuh Atas Mahar

Mahar dalam suatu pernikahan bukanlah momen untuk menambah harta keluarga. Sebab, mahar merupakan hak penuh istri yang jumlahnya sudah disepakati antara kedua pasangan. Sehingga, orang tua tidak boleh ikut campur dalam menggunakannya. Untuk jumlah dari mahar memang tidak ada ketentuan yang menjelaskan dari sisi nominal. Sebab, mahar merupakan hasil kesepakatan antara calon mempelai wanita dan pria sebelum menikah. 

Bernilai Tetapi Tidak Berlebihan

Dalam memberikan mahar, seorang mempelai pria harus memberikan sesuatu yang berharga. Namun, nilai dari suatu mahar tidak boleh terlalu mahal atau murah, tergantung tingkat kemampuannya. Sehingga, seorang calon istri harus memahami bagaimana kemampuan finansial dari calon suami. Dengan demikian, keduanya harus saling bermusyawarah dalam menentukan berapa nominal maharnya. Contohnya mahar menggunakan logam mulia, uang tunai atau seperangkat alat sholat. 

Mahar Bukan Termasuk Hadiah

Esensi dari hadiah bukanlah sesuatu yang wajib melainkan sunnah saja. Sedangkan mahar merupakan sesuatu yang sifatnya wajib dan pernikahan tidak akan sah tanpa adanya itu. Bentuk dari mahar memang tergolong cukup variatif di era modern ini. Misalnya, mahar dibuat dalam bentuk dekorasi dan di dalamnya berisi emas, uang dan benda-benda lainnya. 

Baca juga:  Menikah Tanpa Resepsi? Ini Hal Yang Harus Dipertimbangkan

Mahar sengaja di dekorasi agar nantinya bisa jadikan sebagai hiasan di dalam rumah. Selain itu, mahar yang sudah di desain di simpan untuk digunakan sebagai harta simpanan di tempat-tempat khusus. 

Contoh Mahar Perhiasan

Salah satu contoh mahar yang bisa digunakan diantaranya berupa perhiasan dan berikut penjelasannya:

Cincin 

Cincin bisa menjadi pilihan untuk mahar dan pastikan desainnya kekinian dan modern. Misalnya, perhiasan tersebut memiliki permata atau berlian di bagian atasnya agar terlihat mewah. Dalam memilih juga perlu dipastikan menggunakan emas murni 18 karat. Tujuannya agar perhiasan tersebut bisa benar-benar tahan lama dan terlihat elegan serta mewah. 

Anting

Selain cincin, ada juga anting yang bisa dijadikan sebagai mahar pernikahan. Dalam memilih anting yang bagus, Anda perlu mencari yang materialnya terbuat dari emas murni 18 karat. Selain itu, pastikan emas yang digunakan memiliki beberapa pilihan seperti emas putih, kuning dan juga rose gold. Jika perlu pada beberapa bagiannya, anting tersebut menggunakan permata. 

Gelang Berukiran Halus

Opsi lain juga ada gelang yang dari sisi desainnya elegan, mewah dan juga punya daya tarik tersendiri. Selain itu, pilihlah juga gelang yang bahan utamanya juga dari emas murni agar tidak menimbulkan alergi pada kulit. 

Itulah penjelasan singkat terkait Apa Itu Mahar Pernikahan. Dari semua pilihan mahar di atas, Anda bisa memilih anting, gelang atau cincin dari emas. Dengan seperti itu, pasangan tidak akan mengalami alergi pada kulit dan tahan lama. 

Untuk proses pembelian perhiasan yang seperti itu maka bisa dilakukan di www.kimfook.com atau Anda bisa kunjungi Instagram kami di @kimfook.id.  Pilihan pada toko online tersebut karena menggunakan emas murni 18 karat dan komposisinya mencapai 75%. 

Anda Sedang Mencari Cincin Nikah? Segera Konsultasi dengan kami di WA: 0811270055

Leave a Reply